TES SEBELUM JADI PEJABAT

Posted by - - -



KORUPSI..sebuah kata yang sudah sangat popular, apalagi di Indonesia, korupsi sudah mendarah daging dan bahkan ada yang mengatakan sudah menjadi bagian dari budaya, jenisnyapun bermacam-macam, ada yang korupsi uang, barang, sampai korupsi waktu. Indonesia malah masuk dalam jajaran negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia. Yang bener neh???…(masalah datanya bisa ditanya om google aja)
Gerakan anti korupsi sudah digembargemborkan sejak dulu, berbagai macam demo dan aksi sudah dilakukan, toh para koruptor tak jera juga.
Akhir-akhir ini gebrakan dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) membawa angin segar lantaran keberanian KPK mengungkap beberapa kasus korupsi kelas kakap yang melibatkan pengusaha, oknum pejabat, gubernur, kejaksaan, mentri sampai anggota DPR. Meski gebrakan dari KPK ini cukup melegakan, namun banyak juga yang masih meragukan apakah tindakan ini akan benar-benar bisa membasmi praktek korupsi di Indonesia. Entahlah…
Melalui tulisan ini, saya hanya ingin mencoba memberikan sebuah ide yang kaliaja berguna dalam rangka membasmi praktek korupsi. Idenya adalah : LIFE IN TAHANAN. Apaan tuh?? begini, para calon pejabat dicoba dijebloskan ke dalam tahanan sungguhan dan bergaul dengan para tahanan untuk beberapa waktu, misalnya seminggu, hal ini untuk memberikan gambaran dan pengalaman kepada mereka bagaimana rasanya berada didalam tahanan, namun alangkah baiknya tahanan yang digunakan adalah tahanan yang benar-benar tidak enak dan kejam sehingga para calon pejabat ini akan kapok dan trauma dengan namanya rumah tahanan/penjara. Jika mereka takut dan kapok maka kaliaja mereka akan berfikir ribuan kali untuk berani berbuat kejahatan seperti korupsi dan lainnya, karena jika mereka tetap nekat melakukannya, maka tahanan sudah pasti menunggu mereka.

Leave a Reply